CONTOH KOTA DI INDONESIA YANG SAAT INI SEDANG MENGEMBANKAN KONSEP SMART CITY

1.    JAKARTA


Bekerjasama dengan platform Jakarta Smart City, yang memilik visi “Jakarta baru yang efisien dan inovatif” untuk mewujudkan Jakarta Baru yang informatif, transparan, serta mendukung kolaborasi menggunakan teknologi untuk pelayanan publik yang lebih baik. Jakarta SmartCity sendiri telah diluncurkan pada 15 Desember 2014.
Pemerintah juga menyediakan website  smartcity.jakarta.go.id agar masyarakat dapat mengikuti perkembangan Jakarta menuju smart city. Untuk melancarkan berbagai terobosan yang dilakukan menggunakan berbagai aplikasi, pemprov menggandeng Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan serta Unit Pengelola Jakarta Smart City.
Jakarta smart city ingin memudahkan masyarakatnya untuk dapat berinteraksi aktif dengan pemerintah secara langsung maupun tidak langsung melalui berbagai aplikasi yang disediakan oleh pemprov Jakarta yang bekerja sama dengan pihak ketiga. Sehingga masyarakat bisa memberikan kritik, masukan, ataupun informasi lain yang berguna demi terciptanya kehidupan yang lebih baik.
Cara kerjanya adalah sebagai berikut, dengan aplikasi Qlue masyarakat dapat melaporkan semua kejadian seperti macet, banjir, jalan rusak, penumpukan sampah, sampai pelayanan rumah sakit disertai dengan foto. Kemudian laporan tersebut akan dipetakan secara digital dan terintegrasi dengan smartcity.jakarta.go.id dan CROP (Cepat Respons Opini Publik). Aparat dari pemprov DKI yang bertanggungjawab atas wilayah dimana laporan tersebut berada kemudian akan menindaklanjuti laporan tersebut. Aparat yang dimaksud adalah lurah dan camat, sehingga seluruh Lurah dan camat di DKI Jakarta harus menginstal aplikasi Qlue di masing-masing smartphonenya.
Aplikasi pendukung lain yang disediakan pemerintah diantaranya nodeflux, zomato, ragunan zoo, trafi, go food, Info Pangan Jakarta, waze, dan iJakarta.
Berikut ini adalah program unggulan dari Jakarta Smart City.
 
Selengkapnya bisa kunjungi smartcity.jakarta.go.id.


2.       BANDUNG
Bandung smart city mulai terdengar saat kepemimpinan Ridwan Kamil sebagai walikota. Bandung nantinya akan menjadi prototype penerapan smart city Indonesia. Seperti halnya Jakarta, Bandung juga memiliki berbagai aplikasi yang bisa menghubungkan antara masyarakat dengan pemerintah Kota Bandung. Bandung juga memiliki berbagai program unggulan diantaranya qsmart yang memungkinkan untuk mengambil nomor antrean secara online, sistem informasi pelayanan PBB secara online, perijinan bisnis online, akta kelahiran online, informasi banjir melalui applikasi yang lebih realtime, harga pasar yang dimuat dalam website pemerintah, dan masih banyak lagi.
Berbagai program diatas telah didukung dengan adanya sekitar 5000 titik WIFI gratis yang tersebar di Bandung. Dari segi keamanan sendiri, sudah ada aplikasi panic button dimana aplikasi ini jika ditekan 3x akan sampa ke command center untuk dilaporkan sebagai permohonan bantuan darurat, aplikasi ini sudah bisa didownload di smartphone.
Selengkapnya bisa dilihat pada presentasi Ridwan Kamil-Smartcity Bandung 2016.


3.       SURABAYA
Pada tahun 2011 majalah Warta Ekonomi menyelenggarakan sebuah ajang Smart City Award. Penghargaan ini diberikan kepada kota yang sukses membangun sistem teknologi informas dan komunikasi yang terintegrasi sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kategori penghargaannya antara lain smart Governance, Smart Economy, Smart Living, dan Smart Environment. Dari empat kategori yang dipertandingkan, Kota Surabaya berhasil menyisihkan 60 kota/kabupaten yang lain dari seluruh Indonesia dan memenangkan 3 diantaranya yaitu Smart Governance, Smart Living, dan Smart Environment.
Kota Surabaya memiliki banyak sekali open space yang diwujudkan salah satunya menjadi sebuah taman, bahkan salah satu taman di Surabaya mendapat penghargaan dari adiwiyata dan predikat taman terbaik di Asia. Surabaya meningkatkan ruang terbuka hijau lebih dari 40% dari sebelumnya. Saat menyandang penghargaan pada 2011 lalu, uniknya kota Surabaya ini tidak serta merta berfokus pada konsep Smart City dalam pembangunan dan pengelolaan kota, namun lebih kepada permasalahan kepadatan penduduk di Kota Surabaya. Arahan pembangunan kota memiliki tujuan untuk memberikan kenyamanan dan kesejahteraan bagi masyarakatnya tidak sengaja ingin menggunakan konsep Smart City yang sudah ada.
Dari sisi yang lain, Surabaya sudah memiliki e-goverment yang mencakup Sistem  Pengelolaan Keuangan Daerah, e-SDM, e-Monitoring, e-education, e-permit, e-office, e-health, e-dishub, serta Media Dcenter dan Sistem Siaga Bencana yang semuanya terkoneksi dengan internet. Selain itu terdapat juga e-SIMBADA, e-paymment, e-tax, e-Audit dan fasum-sasos, yakni untuk memantau serta terkait dengan pengadaan berbagai fasilitas umum di Kota Surabaya.


4.    MAKASSAR
Makassar sebagai salah satu kota yang sedang mengembangkan konsep smart city juga sedang menggencarkan teknologi untuk implementasinya. Contohnya yaitu pelayanan kesehatan Dottoro ta (Home Care) yang berbasis Telemedicine, lalu di bidang perbankan, pajak, dan kependudukan,  Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar bekerjasama dengan BRI dengan menerbitkan Smart Card sebagai kartu multi fungsi. Untuk murid sekolah, Pemkot Makassar berkerjasama dengan BNI menerbitkan Makassar Student Smart Card, adalagi Kartu Anak Makassar yang diiterbitkaan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Makassar yang bekerjasama dengan beberapa toko buku, dan wahana bermain anak.

Untuk keamanan, terdapat pada War Room (Commons Room) yang menghubungkan kamera CCTV milik Pemkot Makassar di berbagai titik pada layar monitor. Untuk mendukung itu semua, di Anjungan Pantai Losari sepanjang satu kilo meter terdapat akses gratis internet, meski tidak sebanyak di Bandung namun hal ini cukup membantu untuk mengakses internet bagi warga Makassar.Jalan Layang di Pantai Losari dari belakang HGM (Hotel Golden Makassar) ke Depan Fort Rotterdam Smart Hospital, terdapat perangkat sensor pada pasien (location tracking devices) dan papan status yang ditempatkan diruang tunggu untuk melacak keberadaan pasien (electronic status board). 


Sumber : http://www.bacalagi.id/2017/01/membangun-smart-city-indonesia-dengan-pemanfaatan-teknologi-informasi.html
http://ipi.perpusnas.go.id/sites/default/files/berkas/Smart%20City%20Bandung%20-%20Ridwan%20Kamil.pdf
http://smartcity.jakarta.go.id
http://faqih44.blogspot.co.id/2016/11/implementasi-smart-city-di.html
http://etd.repository.ugm.ac.id/index.php?mod=penelitian_detail&sub=PenelitianDetail&act=view&typ=html&buku_id=63560
http://makassarkota.go.id/berita-1476-wali-kota-danny-terima-penghargaan-implementasi-smart-city-nusantara.html 

Komentar